Persiapan Untuk Membuat Aplikasi Android
Berhubung banyak yang masih bingung bagaimana caranya menyiapkan software-software yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi androd, maka saya coba membuat rangkumannya.
Agar Bisa Membuat Aplikasi Android maka kita perlu menginstall software-software yang digunakan untuk develop aplikasi android.
Berikut langkah-langkhanya
1. Install JAVA SDK 1.6
Download dan Install Java sdk 1.6 from http://java.sun.com/javase/downloads/index.jsp
Jika kita sudah pernah menginstall Java SDK pastikan minimal Java SDK 1.5
2. Install Android SDK
Download android SDK dari websitenya di Android SDK download , setelah selesai ekstrak ke direktori “c:\android-sdk-windows”
3. Install Eclipse, Sebaiknya gunakan eclipse 3.7 (Indigo)
Download eclipse 3.7 (Java developer) dari websitenya di http://www.eclipse.org/downloads/
Install atau ekstrak ke direktori “C:\Program Files\eclipse_SDK-3.7”
4. Install Eclipse ADT plugin caranya
Klik tombol add lalu isikan seperti dibawah ini
Klik OK, tunggu sebentar sampai muncul pilihan “Develeper Tolls”
Klik Next, Setelah selesai terinstall mari kita download Library-libray Android SDK.
5. Untuk menginstallnya kita bisa jalankan SDK android langsung dari foldernya atau bisa dari eclipse seperti dibawah ini.
untuk Froyo Centang seperti dibawah ini.
Minimal yang harus didownload dan diinstall adalah Documentation For Android SDK, SDK Platform For Android, Samples for SDK
Misalkan kita mau pakai emulator versi Froyo, centang seperti gambar diatas.
6. Setelah isntalasi Selesai, Sekarang mari kita buat Device Virtual untuk Emulator android bahasa kerennya Android Virtual Device
Isi Inputan yang dibutuhkan seperti diatas lalu klik tombol Create AVD.
Setelah AVD berhasil di Create kita bisa mentestnya dengan mengklik tombol Start
Setelah klik tombol start, tunggu sampai muncul tampilan seperti dibawah. Apa bila tampilannya sudah mucull, maka AVDnya sudah bisa kita gunakan
Close Emulator lalu kita mulai project pertama kita diandroid yaitu
Aplikasi Android Sederhana – Menghitung Luas Persegi Panjang
Aplikasi Android Sederhana – Menghitung Luas Persegi Panjang
Sebelum
memulai dengan tutorial ini, bagi yang belum menyiapkan software untuk
development aplikasi android, bisa menyiapkannya terlebih dahulu, untuk
petunjuknya bisa lihat di Persiapan Membuat Aplikasi AndroidAndroid sedang naik daun, membuat banyak orang ingin lebih tahu tentang android, khususnya dalam cara pembuatan aplikasinya. Penasaran dengan android akhirnya saya mencoba mempelajarinya.
Pada awal-awal mulai mempelajarinya tentunya ada beberapa kendala yang dihadapi, dari bagaiman cara installnya dieclipse, bagaimana cara menjalankannya dan bagaimana arsitektur applikasi android.
Sempat juga mengalami pada saat run applikasi muncul error sehingga muncul message “Force To Close”.
Pusing juga yah, tapi kita harus tetap berusaha dan jangan mudah menyerah.
Alhamdulillah akhirnya jadi juga aplikasi android pertama saya, aplikasi android yang sederhana. yang fungsinya untuk menghitung luas persegi panjang. dan saya coba buat langkah-langkahnya menjadi sebuah tutorial.
Bagi yang ingin mengetahui cara pembuatannya, berikut langkah-langkah yang dilakukan :
1. Jalankan Eclipse (sebaiknya gunakan versi 3.5 Galileo)
2. Buat new Project, lalau Pilih Android Project
3. Isi Keterangan-keterangan Project Seperti dibawah ini
Pada saat project pertama kali dibuat ada 3 file penting yang langsung dibuat, yaitu
- main.xml
- string.xml
- HitungPersegiPanjang.java
Pada saat project pertama kali dibuat ada 3 file penting yang langsung dibuat, yaitu
- main.xml
- string.xml
- HitungPersegiPanjang.java
main.xml adalah digunakan untuk menggambar layout dan user interface di android, dengan menggunakan format bahasa xml
Pada file main.xml ketikkan script dibawah ini
01 |
<?xml version=”1.0″ encoding=”utf-8″?> |
|
02 |
<LinearLayout xmlns:android=”http://schemas.android.com/apk/res/android” |
03 |
android:orientation=”vertical” |
|
04 |
android:layout_width=”fill_parent” |
05 |
android:layout_height=”fill_parent” |
|
06 |
> |
07 |
|
|
08 |
<TextView |
09 |
android:layout_width=”fill_parent” |
|
10 |
android:layout_height=”wrap_content” |
11 |
android:text=”@string/hello” |
|
12 |
/> |
13 |
<TextView android:text=”Panjang :” android:id=”@+id/TextView01″ android:layout_width=”wrap_content” android:layout_height=”wrap_content”></TextView> |
14 |
<EditText android:text=”” android:id=”@+id/txtPanjang” android:layout_width=”fill_parent” android:layout_height=”wrap_content” android:inputType=”numberSigned|numberDecimal”></EditText> |
15 |
|
|
16 |
<TextView android:text=”Lebar :” android:id=”@+id/TextView02″ android:layout_width=”wrap_content” android:layout_height=”wrap_content”></TextView> |
17 |
<EditText android:text=”” android:id=”@+id/txtLebar” android:layout_width=”fill_parent” android:layout_height=”wrap_content” android:inputType=”numberSigned|numberDecimal”></EditText> |
18 |
<Button android:text=”Hitung Luas” android:id=”@+id/btnHitung” android:layout_width=”fill_parent” android:layout_height=”wrap_content” android:onClick=”hitungLuas”></Button> |
19 |
<TextView android:text=”Luas :” android:id=”@+id/TextView03″ android:layout_width=”wrap_content” android:layout_height=”wrap_content” ></TextView> |
20 |
<EditText android:text=”” android:id=”@+id/txtLuas” android:layout_width=”fill_parent” android:layout_height=”wrap_content” android:editable=”false”></EditText> |
21 |
</LinearLayout> |
Perhatikan bagian ini
1 |
<TextView |
|
2 |
android:layout_width=”fill_parent” |
3 |
android:layout_height=”wrap_content” |
|
4 |
android:text=”@string/hello” |
5 |
/> |
5. edit file string.xml
string.xml adalah sebagai pembantu dari main.xml, agar main.xml kita terlihat rapih dan tidak terlalu panjang dan memudahkan kita dalam membacanya maka kita bisa mebuat string object pada string.xml, dari main.xml tinggal panggil name nya saja.
Sekarang mari kita buka file string.xml. lalu ketikan kode dibawah ini
1 |
<?xml version=”1.0″ encoding=”utf-8″?> |
|
2 |
<resources> |
3 |
<string name=”hello”>Isi Nilai Panjang dan Lebar lalu klik Hitung Luas !</string> |
|
4 |
<string name=”app_name”>Persegi Panjang</string> |
5 |
</resources> |
Pada aplikasi ini kita menggunakan 3 object untuk user interfacenya yaitu TextView, EditText dan Button.
Object |
Fungsi |
TextView |
sama seperti label pada SWING, yaitu untuk menampilkan tulisan dilayar. |
EditLabel |
sama seperti TextBox pada SWING, yaitu untuk user menginputkan data |
Button |
Sama seperti Button pada SWING yaiu sebagai Trigger untuk menjalankan suatu Fungsi |
HitungPersegiPanjang.java adalah pemain utama, yang akan djalankan pada saat applikasi dijalankan. Pada class ini, kita buat untuk dapat membaca data yang diinputkan user dalam hal ini inputan panjang dan lebar, kemudan menghitunngnya dan menampilkan hasilnya.
Sekarang Buka file HitungPersegiPanjang.java dan ketikkan kode dibawah ini
01 |
package com.riky; |
|
02 |
|
03 |
/** |
|
04 |
* Class HitungPersegiPanjang |
05 |
||
06 |
* @author riky |
07 |
* @website http://kamarpekick.16mb.com |
|
08 |
*/ |
09 |
|
|
10 |
import android.app.Activity; |
11 |
import android.os.Bundle; |
12 |
import android.view.View; |
13 |
import android.widget.Button; |
|
14 |
import android.widget.EditText; |
15 |
|
|
16 |
public class HitungPersegiPanjang extends Activity { |
17 |
private EditText txtPanjang; |
|
18 |
private EditText txtLebar; |
19 |
private EditText txtLuas; |
20 |
private Button btnHitung; |
21 |
|
|
22 |
/** |
23 |
* Method yang dipanggil pada saat applikaasi dijalankan |
|
24 |
* */ |
25 |
@Override |
|
26 |
public void onCreate(Bundle savedInstanceState) { |
27 |
|
|
28 |
super.onCreate(savedInstanceState); |
29 |
setContentView(R.layout.main); |
|
30 |
txtPanjang = (EditText) findViewById(R.id.txtPanjang); |
31 |
txtLebar = (EditText) findViewById(R.id.txtLebar); |
|
32 |
txtLuas = (EditText) findViewById(R.id.txtLuas); |
33 |
btnHitung = (Button) findViewById(R.id.btnHitung); |
|
34 |
|
35 |
} |
|
36 |
|
37 |
/** |
|
38 |
* Method untuk Menghitung Luas Persegi panjang dipanggil pada saat button |
39 |
* Hitung Luas diklik |
|
40 |
* |
41 |
* @param view |
|
42 |
*/ |
43 |
public void hitungLuas(View view) { |
|
44 |
try { |
45 |
|
|
46 |
int panjang = Integer.parseInt(txtPanjang.getText().toString()); |
47 |
int lebar = Integer.parseInt(txtLebar.getText().toString()); |
|
48 |
int luas = panjang * lebar; |
49 |
txtLuas.setText(String.valueOf(luas)); |
|
50 |
} catch (Exception e) { |
51 |
e.printStackTrace(); |
|
52 |
} |
53 |
} |
|
54 |
} |
Pada saat applikasi dijalankan, maka method yang pertamakali dipanggil adalah method onCreate
Perhatikan kode ini
txtPanjang = (EditText) findViewById(R.id.txtPanjang);
kode diatas digunakan agar kita bisa melakukan manipulasi terhadap object txtPanjang yang kita gambar pada main. Xml
buka file main.xml perhatikan kode ini
1 |
<Button android:text=”Hitung Luas” android:id=”@+id/btnHitung” android:layout_width=”fill_parent” android:layout_height=”wrap_content” android:onClick=”hitungLuas”></Button> |
tombol Hitung Luas maka akan memanggil method hitungLuas
8. Run Project, Caranya klik kanan
project PersegiPanjang, pilih Run As lalu pilih Run Configration. Isikan keterangan-keteranagnnya seperti dibawah ini. Lalu klik tombol Run
Tujuannya agar applikasi kita langsung dijalankan pada emulator android.
Perhatinkan Log yang ada pada jendela console
Menjelaskan proses-proses yang terjadi pada emulator android.
Emulator sedang melakukan start up
Emulator siap menjalankan program
Klik tombol Menu, maka akan langsung menjalankan Project PersegiPanjang
Isi Nilai Panjang dan lebar
Klik Tombol Hitung
Untuk Menutup applikasi, karena kita belum buat button Closenya kita tombol escape saja pada keyboard.
Untuk menjalankan Applikasi Persigi Panjang lagi, klik tombol Menu dan Klik Icon Persegi Panjang
0 komentar:
Post a Comment