Home » » Belajar Dengan Emulator Android

Belajar Dengan Emulator Android

Posted by Kamar Pekick on Sunday, 13 March 2016


Persiapan Untuk Membuat Aplikasi Android

Berhubung banyak yang masih bingung bagaimana caranya menyiapkan software-software yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi androd, maka saya coba membuat rangkumannya.

Agar Bisa Membuat Aplikasi Android maka kita perlu menginstall software-software yang digunakan untuk  develop aplikasi android.

Berikut langkah-langkhanya

1. Install JAVA SDK 1.6

Download dan  Install Java  sdk 1.6 from http://java.sun.com/javase/downloads/index.jsp

Jika kita sudah pernah menginstall Java SDK pastikan minimal Java SDK 1.5

2. Install Android SDK

Download android SDK dari websitenya di Android SDK download , setelah selesai ekstrak ke direktori “c:\android-sdk-windows”

3. Install Eclipse, Sebaiknya gunakan eclipse 3.7 (Indigo)

Download eclipse 3.7 (Java developer) dari websitenya di http://www.eclipse.org/downloads/

Install atau ekstrak ke direktori “C:\Program Files\eclipse_SDK-3.7”

4. Install Eclipse ADT plugin caranya



Klik tombol add lalu isikan seperti dibawah ini



Klik OK, tunggu sebentar sampai muncul pilihan “Develeper Tolls



Klik Next, Setelah selesai terinstall mari kita download Library-libray Android SDK.

5. Untuk menginstallnya kita bisa jalankan SDK android langsung dari foldernya atau bisa dari eclipse seperti dibawah ini.



untuk Froyo Centang seperti dibawah ini.



Minimal yang harus didownload dan diinstall adalah Documentation For Android SDK, SDK Platform For Android, Samples for SDK

Misalkan kita mau pakai emulator versi Froyo, centang seperti gambar diatas.

6. Setelah isntalasi Selesai, Sekarang mari kita buat Device Virtual untuk Emulator android bahasa kerennya Android Virtual Device



Isi Inputan yang dibutuhkan seperti diatas lalu klik tombol Create AVD.

Setelah AVD berhasil di Create kita bisa mentestnya dengan mengklik tombol Start


Setelah klik tombol start, tunggu sampai muncul tampilan seperti dibawah. Apa bila tampilannya sudah mucull, maka AVDnya sudah bisa kita gunakan



Close Emulator lalu kita mulai project pertama kita diandroid yaitu


Aplikasi Android Sederhana – Menghitung Luas Persegi Panjang




Aplikasi Android Sederhana – Menghitung Luas Persegi Panjang

Sebelum memulai dengan tutorial ini, bagi yang belum menyiapkan software untuk development aplikasi android, bisa menyiapkannya terlebih dahulu, untuk petunjuknya bisa lihat di Persiapan Membuat Aplikasi Android

Android sedang naik daun, membuat banyak orang ingin lebih tahu tentang android, khususnya dalam cara pembuatan aplikasinya. Penasaran dengan android akhirnya saya mencoba mempelajarinya.

Pada awal-awal mulai mempelajarinya tentunya ada beberapa kendala yang dihadapi, dari bagaiman cara installnya dieclipse, bagaimana cara menjalankannya dan bagaimana arsitektur applikasi android.

Sempat juga mengalami pada saat run applikasi muncul error sehingga muncul message “Force To Close”.

Pusing juga yah, tapi kita harus tetap berusaha dan jangan mudah menyerah.

Alhamdulillah akhirnya jadi juga aplikasi android pertama saya, aplikasi android yang sederhana. yang fungsinya untuk menghitung luas persegi panjang. dan saya coba buat langkah-langkahnya menjadi sebuah tutorial.

Bagi yang ingin mengetahui cara pembuatannya, berikut langkah-langkah yang dilakukan :

1. Jalankan Eclipse (sebaiknya gunakan versi 3.5 Galileo)

2. Buat  new Project, lalau Pilih Android Project



3. Isi Keterangan-keterangan Project Seperti dibawah ini



Pada saat project pertama kali dibuat ada 3 file penting yang langsung dibuat, yaitu

  • main.xml
  • string.xml
  • HitungPersegiPanjang.java


Pada saat project pertama kali dibuat ada 3 file penting yang langsung dibuat, yaitu

  • main.xml
  • string.xml
  • HitungPersegiPanjang.java
4. edit file main.xml

main.xml adalah digunakan untuk menggambar layout dan user interface di android, dengan menggunakan format bahasa xml

Pada file main.xml ketikkan script dibawah ini

01
<?xml
version=”1.0″
encoding=”utf-8″?>
02
<LinearLayout
xmlns:android=”http://schemas.android.com/apk/res/android”

03
    android:orientation=”vertical”
04
    android:layout_width=”fill_parent”

05
    android:layout_height=”fill_parent”
06
    >

07
 
08
<TextView

09
    android:layout_width=”fill_parent”
10
    android:layout_height=”wrap_content”

11
    android:text=”@string/hello”
12
    />

13
<TextView
android:text=”Panjang :”
android:id=”@+id/TextView01″
android:layout_width=”wrap_content”
android:layout_height=”wrap_content”></TextView>
14
<EditText
android:text=””
android:id=”@+id/txtPanjang”
android:layout_width=”fill_parent”
android:layout_height=”wrap_content”
android:inputType=”numberSigned|numberDecimal”></EditText>

15
 
16
<TextView
android:text=”Lebar :”
android:id=”@+id/TextView02″
android:layout_width=”wrap_content”
android:layout_height=”wrap_content”></TextView>

17
<EditText
android:text=””
android:id=”@+id/txtLebar”
android:layout_width=”fill_parent”
android:layout_height=”wrap_content”
android:inputType=”numberSigned|numberDecimal”></EditText>
18
<Button
android:text=”Hitung Luas”
android:id=”@+id/btnHitung”
android:layout_width=”fill_parent”
android:layout_height=”wrap_content”
android:onClick=”hitungLuas”></Button>

19
<TextView
android:text=”Luas :”
android:id=”@+id/TextView03″
android:layout_width=”wrap_content”
android:layout_height=”wrap_content”
></TextView>
20
<EditText
android:text=””
android:id=”@+id/txtLuas”
android:layout_width=”fill_parent”
android:layout_height=”wrap_content”
android:editable=”false”></EditText>

21
</LinearLayout>
Pada aplikasi ini kita menggunankan LinearLayout dengan orientasi vertical, yang berarti setiap object yang kita gambar akan disusun secara vertical (satu object satu baris).

Perhatikan bagian ini

1
<TextView
2
    android:layout_width=”fill_parent”

3
    android:layout_height=”wrap_content”
4
    android:text=”@string/hello”

5
    />
Ini artinya TextView ini isi textnya diambil dari variable hello pada file string.xml

5. edit file string.xml

string.xml adalah sebagai pembantu dari main.xml, agar main.xml kita terlihat rapih dan tidak terlalu panjang dan memudahkan kita dalam membacanya maka kita bisa mebuat string object pada string.xml, dari main.xml tinggal panggil name nya saja.

Sekarang mari kita buka file string.xml. lalu ketikan kode dibawah ini

1
<?xml version=”1.0″
encoding=”utf-8″?>
2
<resources>

3
    <string name=”hello”>Isi Nilai Panjang dan Lebar lalu klik Hitung Luas !</string>
4
    <string name=”app_name”>Persegi Panjang</string>

5
</resources>
Coba perhatikan, disitu terlihat hello, jadi apa bila dijalankan TextView pada main.xml diatas akan menampilkan tulisan “Isi Nilai Panjang dan Lebar lalu klik Hitung Luas !”.

Pada aplikasi ini kita menggunakan 3 object untuk user interfacenya yaitu TextView, EditText dan Button.

Object
Fungsi
TextView
sama seperti label pada SWING, yaitu untuk menampilkan tulisan dilayar.
EditLabel
sama seperti TextBox pada SWING, yaitu untuk user menginputkan data
Button
Sama seperti Button pada SWING yaiu sebagai Trigger untuk menjalankan suatu Fungsi
6. Edit file HitungPersegiPanjang.java

HitungPersegiPanjang.java adalah pemain utama, yang akan djalankan pada saat applikasi dijalankan. Pada class ini, kita buat untuk dapat membaca data yang diinputkan user dalam hal ini inputan panjang dan lebar, kemudan menghitunngnya dan menampilkan hasilnya.

Sekarang Buka file HitungPersegiPanjang.java dan ketikkan kode dibawah ini

01
package
com.riky;
02
 

03
/**
04
 * Class HitungPersegiPanjang

05
 
06
 * @author riky

07
 * @website http://kamarpekick.16mb.com
08
 */

09
 
10
import
android.app.Activity;

11
import
android.os.Bundle;
12
import
android.view.View;

13
import
android.widget.Button;
14
import
android.widget.EditText;

15
 
16
public
class
HitungPersegiPanjang extends
Activity {

17
    private
EditText txtPanjang;
18
    private
EditText txtLebar;

19
    private
EditText txtLuas;
20
    private
Button btnHitung;

21
 
22
    /**

23
     * Method yang dipanggil pada saat applikaasi dijalankan
24
     * */

25
    @Override
26
    public
void
onCreate(Bundle savedInstanceState) {

27
 
28
        super.onCreate(savedInstanceState);

29
        setContentView(R.layout.main);
30
        txtPanjang = (EditText) findViewById(R.id.txtPanjang);

31
        txtLebar = (EditText) findViewById(R.id.txtLebar);
32
        txtLuas = (EditText) findViewById(R.id.txtLuas);

33
        btnHitung = (Button) findViewById(R.id.btnHitung);
34
 

35
    }
36
 

37
    /**
38
     * Method untuk Menghitung Luas Persegi panjang dipanggil pada saat button

39
     * Hitung Luas diklik
40
     *

41
     * @param view
42
     */

43
    public
void
hitungLuas(View view) {
44
        try
{

45
 
46
            int
panjang = Integer.parseInt(txtPanjang.getText().toString());

47
            int
lebar = Integer.parseInt(txtLebar.getText().toString());
48
            int
luas = panjang * lebar;

49
            txtLuas.setText(String.valueOf(luas));
50
        } catch
(Exception e) {

51
            e.printStackTrace();
52
        }

53
    }
54
}

Pada saat applikasi dijalankan, maka method yang pertamakali dipanggil adalah method onCreate

Perhatikan kode ini

txtPanjang = (EditText) findViewById(R.id.txtPanjang);

kode diatas digunakan agar kita bisa melakukan manipulasi terhadap object txtPanjang yang kita gambar pada main. Xml

buka file main.xml perhatikan kode ini

1
<Button
android:text=”Hitung Luas”
android:id=”@+id/btnHitung”
android:layout_width=”fill_parent”
android:layout_height=”wrap_content”
android:onClick=”hitungLuas”></Button>
Ini menandakan bahwa apabila kita mengklik
tombol Hitung Luas maka akan memanggil method hitungLuas

8. Run Project,  Caranya klik kanan
project PersegiPanjang, pilih Run As lalu pilih  Run Configration. Isikan keterangan-keteranagnnya seperti dibawah ini. Lalu klik tombol Run



Tujuannya agar applikasi kita langsung dijalankan pada emulator android.

Perhatinkan Log yang ada pada jendela console



Menjelaskan proses-proses yang terjadi pada emulator android.

Emulator sedang melakukan start up



Emulator siap menjalankan program



Klik tombol Menu, maka akan langsung menjalankan Project PersegiPanjang


Isi Nilai Panjang dan lebar

Klik Tombol Hitung

Untuk Menutup applikasi, karena kita belum buat button Closenya kita tombol escape saja pada keyboard.

Untuk menjalankan Applikasi Persigi Panjang lagi, klik tombol Menu dan Klik Icon Persegi Panjang





Thanks for reading & sharing Kamar Pekick

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Search Postingan

My Art Painting