Home » , , , » Mengganti Tampilan Start Screen Dengan Foto Di Windows 8 Dan Mengatasi Personalize Yang Terkunci

Mengganti Tampilan Start Screen Dengan Foto Di Windows 8 Dan Mengatasi Personalize Yang Terkunci

Posted by Kamar Pekick on Thursday 18 April 2019

Pada tulisan saya kali ini adalah mengenai tentang homescreen (charms) windows 8 dan fiturnya. saya membuat artikel ini dikarenakan teman saya mengalami sebuah problem pada fitur windows 8, sebagian fitur aplikasi window 8 tidak dapat dibuka dan menampilkan pesan error/failed. setelah melakukan perbaikan dengan menggunakan bantuan sebuah software  Tweaking Windows Repair  dan alhamdulillah system dan fitur aplikasi windows  8 yang tadinya error/failed sekarang sudah dapat dijalankan dengan normal. Tadinya apabila tidak berhasil memperbaiki system dan fitur/aplikasi windows 8 dengan menggunakan software Tweaking Windows Repair  , saya akan melakukan Refresh Pc  yang terdapat pada charm sebelah kanan Pc setting -> General, tapi ternyata tidak saya lakukan karena sudah dapat diperbaiki menggunakan Tweaking Windows Repair. hehehe.

Sedikit bercerita : setelah fitur/aplikasi windows 8 sudah dapat dibuka, sekarang beliau menemui masalah kembali, yaitu: tidak dapat mengganti Lock Screen, Start Screen dan Account Picture. saya berkata : "mungkin windows 8 lu belom aktif kali, makanya fitur itu jadi ke lock (kunci)", teman saya pun berkata :"udah aktif ko, gua kan ngaktifin pake serial number & activator juga". lalu saya lihat di PC Info, ternyata benar sudah aktif, saya berkata :"iya ya udah aktif, seharusnya bisa keganti lock screen, start screen ama foto pas sign in".

Kemudian saya pun menyalakan laptop saya, kebetulan saya juga menggunakan windows 8 (Pro). Beliau kaget kemudian bertanya kepada saya : "lah ko tampilan homescreen lu bisa pake gambar si?" saya menjawab "lah kemana aja lau, gua mah kan orangnya gampang bosenan kalo ngeliat tampilan yang gitu-gitu aja, apalagi dilaptop yang setiap hari gua liatin terus, hahaha". beliau pun menjawab :"iya juga si, ya udah benerin lock screen gua dulu dah, terus abis itu ganti gambar startscreen yang kaya gitu ya (sambil nyengir-nyengir ngeselin)".

Karena ini berhubungan dengan start screen dan lock screen serta account picture yang ke kunci, ya jadi saya menuruti ke inginannya beliau yaitu merubah start screen dengan memakai gambar, hehehe. Ok, balik kepermasalahan tersebut, untuk mengatasi Lock Screen, Start Screen dan Account Picture yang terkunci di windows 8 kita dapat memperbaikinya dengan cara:
  • Buka CMD (command Prompt Admin).
  • Lalu ketikan -> sfc /scannow tunggu hingga proses selesai. 
  • Kemudian restart laptop/pc. 
Setelah restart, silahkan geser mouse ke sebelah kanan -> Setting -> Change Pc setting -> Personalize dan sekarang Lock screen, Start Screen dan Account Picture sudah dapat diganti-ganti sesuai keinginan. akan tetapi saya harus menepati janji saya kepada beliau untuk merubah start screennya, hehehe. jadi saya harus meng-copy software/aplikasi yang berada dilaptop saya dan saya pindahkan ke Flashdisk miliknya.

Nama software/aplikasi tersebut adalah "Windows 8 Start Screen Customizer", jika teman-teman ingin merubah tampilan start screen pada windows 8,
silahkan ambil bahannya disini -> Windows_8_Start_Screen_Customizer_EN.exe , penampakan dari software/aplikasi tersebut sebagai berikut :


Cara penggunaannya pun cukup sederhana, tinggal jalankan aplikasinya, kemudian load picture untuk mengganti gambar start screen, atau di menu opacity centrang use desktop wallpaper, lalu apply & save -> Hide. apabila ingin menampilkan secara otomatis ketika laptop/pc dihidupkan, silahkan teman-teman  beri centrang -> Run at startup.

ini penampakan start screen di laptop saya :

mungkin itu saja yang dapat saya tuliskan pada artikel kali ini, yaitu tentang mengganti tampilan start screen dengan gambar di windows 8.

Thanks for reading & sharing Kamar Pekick

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Search Postingan

My Art Painting