Home » , , » Wifi Connected Tapi Tidak Bisa Browsing

Wifi Connected Tapi Tidak Bisa Browsing

Posted by Kamar Pekick on Thursday 18 April 2019

Assalamualaikum.
Beberapa hari yang lalu ada sedikit trouble pada pc saya, yaitu tidak dapat terhubung ke internet padahal status connected dan sinyal penuh, saya pikir masalah terletak pada penyedia provider internet yang sedang bermasalah atau ada gangguan karena faktor alam (hujan dan petir), namun ketika saya cek di laptop saya, ternyata internet berjalan lancar dan dapat digunakan untuk browsing dll.

Setelah saya ingat-ingat, mungkin penyebabnya adalah ketika saya mengganti prosessor pc saya (core i5-2400S) dengan dual core-e2200, yang mana i5 itu saya jual  untuk membeli perlengkapan alat-alat lukis (lagi senang ngelukis hehehe). Apakah karena pc saya kaget karena menggunakan prosessor yang lama atau apalah itu namanya makanya jadi ngambek internetnya (ngaco).. hehehehe.
Oh iya seperti ini penampakannya:


Udah di refresh berulang-ulang tetap saja cuma muter-muter enggak karuan dan berakhir di "Tidak Dapat Tersambung Ke Internet" hahahaha. Melakukan Test Ping hasilnya pun sama muter-muter dan coba mengecek pentransferan datanya pun sangat kecil bandwidth-nya. setting DNS di TCP/IPv4 pun nihil, berpikir sambil minum kopi..

Saya putuskan untuk restart DHCP Client, DNS Client dan WLAN dari services.msc, setelah itu saya melakukan setting bandwidth pada gpedit.msc, reset Ip dan wincsock serta flush DNS dan restart pc. Setelah restart saya ping default gateway, saya perhatikan waktunya (times), semakin lama semakin menurun (sepertinya berhasil pikir saya). lalu saya mencoba buka web browser dan hasilnya terbuka search engine Google, ini penampakannya :



Akhirnya pc saya terbangun dari tidurnya dan dapat browsing buat mencari ilmu pengetahuan lagi dah. hehehehe. Oh iya, Saya akan memberikan langkah-langkahnya dalam mengatasi masalah wifi terhubung tetapi tidak dapat browsing ke internet, maupun limited accsess, syukur-syukur bagi sobat yang mengalami masalah tersebut bisa terbantu dengan beberapa tahapan. terkecuali ada gangguan dari penyedia layanan internetnya, itu lain lagi problemnya ya.. hehehehe

Baikalah kita mulai :
1. Buka services.msc dan restart DHCP Client, DNS Client dan WLAN (pastikan pengaturannya automatic semua).

2. Buka CMD Administrator dan ketikan netsh int ip reset resetlog.txt enter, /*apabila access denied, buka regedit (klik run ketik regedit #LogoWindows+R), buka HKEY_LOCAL_MACHINE -> System -> CurrentControlSet -> Control -> cari NSi -> pilih dan buka {eb004a00-9b1a-11d4-9123-0050047759bc} -> pilih nomor 26 dan klik kanan permissions -> beri ceklis pada Full Control -> Apply, Ok dan Close.

3. Buka CMD dan ketikan lagi netsh int ip reset enter.

4. kemudian ketikan netsh winsock reset catalog enter.

5. lalu ketik ipconfig/flushdns enter.

6. Apabila ingin mengubah Ip Address bisa ditambahkan dengan ipconfig/release enter, ipconfig/renew enter. (apabila tidak ingin mengubah ip address ya ga usah di ketik langkah ke-6).

7. Restart Pc.

Setelah pc restart, masih adalah satu langkah lagi yaitu mensetting bandwidth dari 20% ke 0 (biar ga kena pembatesan) hehehehe.
Sekarang klik run dan ketikan gpedit.msc  
Setelah terbuka, perhatikan pada Computer Configuration pilih dan klik Administrative Templates -> pilih dan buka Network -> cari dan buka QoS Packet Scheduler -> buka Limit Reservable Bandwdith -> klik Enable -> Bandwidth Limit % 0 -> Aplly, Ok, Close
Sekarang buka CMD lagi dan ketikan ipconfig/all enter, apabila ingin mengecek Default Gateway dapat mengetikan ping masukan defaul gateway  yang tertera di jaringan sobat -t 
misal C:\windows\system32>ping 192.168.100.1 -t
dan untuk menyedot bandwidth lihat alamat DNS server, lalu ketikan  
C:\windows\system32>ping -l 1000 192.168.100.1 -t
Angka 1000 bisa kita naikkan apabila dirasa masih lambat pentransferan (bandwidth) datanya, nah tinggal sobat pilih mau mengecek dengan Default Gateway atau DNS Server atau keduanya dengan menggunakan CMD biasa dan CMD Administrator. 
Note:: /*CMD jangan di close selama kita masih menggunakan pc untuk browsing.

Mungkin itu saja yang dapat saya tuliskan dari pengalaman saya di beberapa hari kemarin dalam memperbaiki Wifi Connected Tapi Tidak Dapat Digunakan Untuk Browsing. mungkin dalam hal ini ada yang berhasil maupun gagal, kita kembali lagi pada penyebabnya, faktor-faktor apa saja yang menyebabkan pc atau laptop kita sulit terhubung ke internet maupun faktor yang menyebabkan pc atau laptop kita lambat dalam mengakses ke internet.
Wasalam.    

Thanks for reading & sharing Kamar Pekick

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Search Postingan

My Art Painting