Home » , , » Cara Downgrade Asus Zenfone 2 Laser (ZE601KL/Z011DD)

Cara Downgrade Asus Zenfone 2 Laser (ZE601KL/Z011DD)

Posted by Kamar Pekick on Wednesday 17 April 2019

Sudah beberapa pekan bahkan sudah beberapa bulan ini Kamarnya pekick tidak memposting pengetahuan dan tutorial nih dikarenakan lagi sibuk ngelukis + jualan, hehehe.
Mungkin pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit pengetahuan yang mana pada beberapa waktu yang lalu ada seorang teman saya yang mempunyai smartphone asus zenfone 2 laser (Z011DD/ZE601KL) mengalami baterai smartphonenya cepat sekali habis padahal 3000mAh loh, dengan waktu mencharge lumayan lama katanya lalu sejam kemudian daya baterainya habis kembali.

Teman saya sudah membeli baterai yang baru akan tetapi masalah tersebut tidak teratasi. kemudian teman saya pergi ke jasa servis, dan katanya ada kerusakan di hardwarenya dan harus diganti. singkat cerita, setelah diganti tetap sama saja baterai pun tetap boros, saya pun menjadi bingung dah kenapa bisa begitu.. hehehehe. kan ga enak masa ngecas hpnya lama terus abisnya cepet, kan bingung tuh kalo lagi dijalan tau-tau hpnya mati jadi ribet dah.. hehehe

Baiklah kita masuk pada topik penyebabnya kenapa hp tersebut bisa mengalami boros baterai. Biasanya yang menguras baterai adalah latar belakang aplikasi yang berjalan, data jaringan dan sinyal yang tidak stabil, akses lokasi, versi OS dll, mungkin yang lebih parah juga bisa disebabkan kerusakan komponen.
Kemudian saya searching tentang spesifikasi hp tersebut, dan saya melihat ternyata Os awalnya adalah Lollipop (5.0) dan di hp teman saya sudah Marsmallow (6.0) oh ternyata sudah di upgrade ke versi os tersebut.

Lalu saya sarankan kepadanya untuk mendowngrade versi Os nya balik ke awal (lollipop). Nah dia setuju, berarti sekarang kita lanjut ke bahan dan eksekusinya ya.!!
Ada 2 cara untuk mendowngrade nya, yaitu dengan menggunakan Sdcard dan Pc. Oh iya saya sudah menggunakan Sdcard tapi kurang berutung, update tidak terbaca, hehehehe, melakukan flashing ternyata sekarang Os nya sudah versi 6.0 semua di pusat layanan asusnya. tapi tenang saja saya punya ko yang versi lollipopnya.. hehehehe..

Oh iya sebelum teman-teman mendownload firmware/stock rom, alangkah baiknya menyamakan tipe hp, model dan asal firmware tersebut agar tidak terjadi hal-hal yang diluar keinginan kita pada saat mengeksekusinya. berdoa terlebih dahulu itu yang terpenting ya kawan..

Kita masuk ke cara bahan-bahannya:
Kita butuh Usb driver dan ADB nya (udah pasti)
Kita Butuh Pc/laptop (Wajib)
Kita butuh kabelnya ya.. (kalau ga punya coba beli ke tukang listrik/matrial) hahaha.. kidding
Kita butuh Kopi, cemilan dan kawan-kawannya buat nungguin hasil eksekusi
Kita butuh Firmwarenya/stock rom "[Asus_z2L]WW_ZE601KL_1.11.40.421_20150912002514-secured-release"     

Kita masuk ke cara pengerjaannya:
Ekstrak [Asus_z2L]WW_ZE601KL_1.11.40.421_20150912002514-secured-release
Matikan hp dan masuk Fastboot mode 
Colokan kabelnya ya dari hp ke pc/laptop jangan ke pala casan ok
Buka folder firmware yang elah diekstrak, kemudian klik 2x "flashall_AFT.cmd"
Tunggu prosesnya ya dengan kopi dan cemilan yang tadi, sampai hp menyala kembali.


Dan alhamdulillah setelah didowngrade baterai hp teman saya pun awet tidak cepet habis seperti sebelumya. 
cek penampakan videonya ya disini..!!! https://www.instagram.com/p/BvfxdjIBTlj/ 
Sekian sampai berjumpa lagi di postingan selanjutnya.. Wassalam..  



Thanks for reading & sharing Kamar Pekick

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Search Postingan

My Art Painting