Home » , , » Memperbaiki tethering hotspot android yang error setelah pasang custom rom

Memperbaiki tethering hotspot android yang error setelah pasang custom rom

Posted by Kamar Pekick on Tuesday 16 April 2019

Handphone android dapat kita gunakan sebagai modem ataupun hotspot agar kita dapat saling berbagi koneksi internet kepada handphone android yang lain maupun pada perangkat laptop, tentunya handphone android yang dijadikan hotspot itu harus mempunyai paket data yang besar agar tidak terjadi loading yang terlalu lama ketika menjelajah dunia maya ataupun buffering pada saat menonton video.

Namun apabila handphone android telah di modifikasi atau di oprek dengan memasang custom rom yang lain, terkadang handphone android itu kerap kali mengalami permasalahan (bug) pada handphone tersebut, entah bluetooth yang error (tidak dapat mengaktifkan bluetooth), sim card tidak terdeteksi atau handphone android mengalami hang (layar abu-abu) sebelum masuk ke homescreen, aplikasi tertutup atau berhenti berjalan (forclose), tethering hotspot bermasalah (wifi aktif tetapi limited access pada perangkat yang telah terhubung) dan lain sebagainya yang diakibatkan oleh bug setelah memasang custom rom.
Untuk mengatasinya kita perlu mendownload file yang bersangkutan, biasanya sang developer/pembuat custom rom itu sudah menyertakannya dan memberi tahukan kekurangan serta kelebihannya, bagi yang sudah mahir dengan android tentu saja dapat mengatasi masalah tersebut dengan cara mengedit file tersebut dengan menggunakan file manager (file explorer) ataupun menggunakan aplikasi android yang sudah di instal di laptop.

Namun pada tulisan saya kali ini, saya akan memberikan sedikit pengetahuan saya tentang memperbaiki handphone android yang tidak dapat tethering hotspot setelah memasang custom rom, entah itu custom rom CyanogenMod dan custom rom lainnya dikarenakan sebuah Bug.
Saya rasa teman-teman semua sudah tau apa itu Bug pada system android, bagi yang belum tahu tentang Bug pada android, teman-teman silahkan mencari pengertiannya di embah google. Hehehehe.

Mari kita langsung masuk ke permasalahan tersebut, pastinya memperbaiki agar handphone android dapat digunakan kembali untuk tethering hotspot.
Adapun cara memperbaikinya adalah sebagai berikut:

  • Aktifkan tethering wifi.
  • Pastikan handphone android sudah ter-root.
  • Download Wifi Tether Router di sini -> Wifi Tether Router.apk
  • Instal dan buka wifi tether router.
  • Pilih Configure Wifi Router.
  • Tekan Network Name SSID -> beri nama sesuka anda.
  • Tekan Encryption Mode -> pilih wpa2-psk (keamanan/password).
  • Tekan Encryption Type -> pilih AES (keamanan/password).
  • Tekan wifi password -> masukan paswword untuk hotspot anda.
  • Tekan wifi channel -> pilih 1.
  • Scroll ke atas lalu tekan Driver -> pilih nl80211.
  • Tekan back.
  • Kemudian tekan Enable Wifi Router. Tunggu sampai proses enabling dari superuser memberikan ijin untuk mengakses wifi tether router.



Sekian tulisan saya kali ini dalam memperbaiki tethering hotspot wifi yang error dikarenakan bug dari custom rom yang telah terpasang pada android.
Download + setting Wifi Tether Router -> Wifi Tether Router.rar



Thanks for reading & sharing Kamar Pekick

Previous
« Prev Post

2 komentar:

  1. Replies
    1. aktifin dulu tethering wifinya kaya biasa, trus buka teather routernya trus dienable sampai keluar sent data dan receivednya sob.. dan pastiin settingan configurasinya sama persis kaya yang dilangkah-langkahnya sob..

      Delete

Search Postingan

My Art Painting